Label

Sabtu, 19 Maret 2011

Pendidikan Bagi Anak CI+BI

Scratch 2
15 March 2011

Akselerasi bukanlah hal yang asing lagi di telinga meskipun keberadaan sekolah yang menyediakan program akselerasi atau Gifted School masih sangat terbatas. Terbukti hanya ada 311 sekolah dari 260.471 sekolah yang menyediakan program kelas akselerasi. Anak yang masuk kategori cerdas istimewa dan berbakat istimewa (CIBI), mereka mempunyai kelebihan dengan rata-rata intelligence quotient (IQ) di atas 125 atau very superior. Selain potensi bawaan yang memang sudah secara genetik diturunkan, anak CI+BI memerlukan pengembangan dan pelatihan secara serius dan sistematis sehingga membutuhkan lingkungan yang mengembangkan kreativitas, motivasi, dan juga task commitment. 

Bagaimanakah kita bisa mengetahui seorang anak termasuk dalam kategori CI+BI?

Terdapat karakteristik yang terlihat jelas pada usia dini anak CI+BI pada kemampuan verbalnya. Pada anak CI+BI, bahasa yang mereka gunakan cepat dan baik sesuai dengan kaidah perbahasaan sehingga mampu menyampaikan ide-idenya dengan baik. Anak CI+BI juga mempunyai minat tertentu yang menjadi fokus perhatiannya membuat anak CI+BI penasaran dan menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar, sehingga mereka senang mencari informasi dalam bentuk pernyataan. Cara anak CI+BI berinteraksi juga berbeda dengan anak lainnya. Mereka cenderung lebih senang berdiskusi dengan kelompok usia diatasnya dibanding rekan seusia dan senang memberikan kritik terhadap pertanyaan. Selain itu, anak CI+BI juga memiliki sensitivitas emosional yang tinggi--mampu menunjukkan dan memahami perhatiannya kepada orang lain karena merasa dirinya berbeda dengan anak lain di lingkungannya. Anak CIBI juga mempunyai selera humor yang tinggi

.

Berbagai perbedaan yang dimiliki anak CIBI ini membutuhkan perlakuan khusus dari guru di sekolah dan lingkungan kondusif yang memahami perbedaan yang dimilikinya. Pendidikan khusus CI+BI haruslah selaras dengan fungsi utama pendidikan dengan strategi pendidikan bersifat masal.

Berbagai keterbatasan seperti dana dalam mempersiapkan sumber daya manusia dan infrastruktur dalam membangun sekolah khusus anak CIBI membuat program layanan khusus bagi anak CIBI masih belum dapat mengakomodasi jumlah anak CIBI yang membutuhkan layanan ini.


By:
Mega P. Chalida
2525090081

1 komentar:

  1. Dear penulis,
    untuk di jakarta barat, apakah ada sekolah yang memfasilitasi kebutuhan untuk anak CIBI? mohon informasinya

    BalasHapus