Senin, 04 April 2011

Layanan Pendidikan Khusus Bakat Seni dan Olahraga

Scratch 3
22 Maret 2011

Anak Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI+BI) biasanya identik dengan dunia sains atau pengetahuan eksakta. Mereka terkesan jauh dengan pengetahuan yang berbau sosial karena seiring dengan karakteristik mereka yang berbeda dengan anak seusianya. Namun tak menutup kemungkinan bahwa anak CI+BI juga memiliki kemampuan yang baik di dalam pengetahuan seperti Seni maupun Olahraga.

Apa saja kemampuan yang akan menjadi basic dalam kecerdasan Seni & Olahraga?
  1. Musikalitas, yaitu kepekaan, pengetahuan, bakat atau seorang ahli musik
  2. Artistic Abilities, yaitu menciptakan sesuatu tanpa bantuan apa-apa--merubah sesuatu yang buruk menjadi indah
  3. Practical Intelligence, yaitu kemampuan individu untuk menemukan hal-hal yang paling cocok antara mereka dan tuntutan lingkungan.
  4. Social Competence, yaitu keterampilan melibatkan responsif terutama kemampuan untuk mendapatkan tanggapan positif dari orang lain. Fleksibelitas, termasuk kemampuan untuk bergerak bolak-balik antara budaya primer dan budaya dominan (kompetensi lintas budaya) dan empati, peduli, krmampuan komunikasi, serta rasa humor.
Pada kecerdasan/bakat seni, terdapat 3 sub-bagian yaitu musik, tari, dan rupa.


Bagimanakah karakteristik ketiganya?

Karakteristik CI + BI Seni Musik  yaitu berperan secara spontan terhadap irama dan musik, menguasai nada dan peka terhadap nada, serta dapat mengerkspresikan keindahan musik dan berkonsentrasi pada musik hingga menghentikan aktifitas lain hanya untuk mendengarkan musik.

Pada Seni Tari, anak CI+BI mampu menyelesaikan tarian secara terfokus dan penuh percaya diri, mampu mengerakkan tubuh sesuai irama musik, menunjukkan kekuatan (power), fleksibilitas, keseimbangan, pengendalian tubuh dan yang terpenting mampu mengomunikasikan gagasan dan rasa melalui gerak sehingga dapat memberikan keindahan bagi yang melihatnya.

Dan terakhir karakteristik pada Seni Rupa, sejak usia dini mengekspresikan diri melalui bentuk gambar, objek benda atau instalasi, menggunakan gambar sebagai target hiburan dan biasanya dalam mencari ide mereka lebih suka menyendiri, dan menggunakan ingatan visual dan kinestetik dalam membuat gambar.

Bagaimanakah karakteristik CI+BI di bidang olahraga?
Pada bidang Olahraga dapat melakukan aktivitas olahraga dengan baik, kesadaran spasial yang bagus (ruang), memahami dengan baik kualitas dari gerakan dari sisi berat dan waktu, terampil dalam mengelola tubuh yang ditunjukkan oleh tingkat kontrol yang tinggi dan koordinasi, terampil menggabungkan gerakan dengan lancar, tepat dan akurat, mampu belajar, memahami dan mengadopsi aspek tekhnik dari olahraga yang sangat cepat., dan yang terpenting dalam bakat olahraga  yaitu mampu bekerja secara independen dan professional.

Semua bakat baik Seni maupun Olahraga merupakan proses kontinuitas yang bermula sejak usia dini dan berlanjut sepanjang karir pendidikan sehingga di perlukan layanan pendidikan khusus bagi mereka agar bakat dan kecerdasan yang mereka miliki dapat tersalurkan dengan baik bahkan dapat menjadi keistimewaan dalam bidang masing – masing dan tentu support baik dari keluarga maupun lingkungannya. Oleh karena itu seorang talent scouting terkadang diperlukan untuk mengidentifikasi bakat yang unik dan bernilai agar kedepannya bakat yang dimiliki sang anak dapat berguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar